Sebuah Amanah dlm Organisasi

Menurut anda apakah amanah itu dan bagaimana pikiran kalian ketika mendengar kata amanah? Tentu jawaban dari pertanyaan itu sangat bervariasi, ada yang bilang sebuah beban, hal yang menyenangkan atau yang lainnya.

Amanah secara etimologis (pendekatan kebahasaan/lughawi) dari bahasa Arab dalam bentuk mashdar dari (amina- amanatan) yang berarti jujur atau dapat dipercaya.
Sekarang bagaimana pandangan anda tentang amanah? apakah masih sama dengan pertanyaan awal yang aku berikan?
Jika kalian telah memahami tentu sadar bahwa amanah adalah hal yang sangat berat untuk dilakukan namun bila kita sukses menjalankan amanah tersebut kebahagiaan datang karena amanah dapat dijaga.
Seperti pertanyaan yang di utarakan Imam Al-Ghazali yaitu “Apa yang paling berat di dunia ini?”.

Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban itu benar, kata Imam  Ghozali.  Tapi yang paling berat adalah “memegang AMANAH” (Al Ahzab 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini.Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT,sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang  amanahnya.

Maka dari itu renungkanlah kawan, jika kalian disuruh memegang sebuah amanah pikirkanlah terlebih dahulu apakah kalian sanggup melaksanakan amanah tersebut atau justru kalian akan merusak amanah tersebut.

Hei kawan aku bisa bilang seperti ini karena aku memiliki pengalaman yang luar biasa tentang amanah dan jujur saja aku tak sanggup melakukan amanah tersebut dan itu menjerumuskanku kepada rasa cemas yang berlebihan dan selalu terpikir tanggungan tanggungan yang aku pegang. Karena itu aku selalu memohon ampun kepada Sang Pencipta untuk menghapuskan dosaku karena ketidakberdayaanku dalam memegang sebuah amanah dan jujur saja saat ini saya sedang berusaha menyelesaikan amanah tersebut, Insya Allah aku tidak akan mengambil amanah yang aku tidak mampu melakukannya namun jangan sampai kalian tidak mau mengambil amanah kalian tidak mau melakukan apapun. Jadi pilihlah amanah yang bermanfaat dan yang bisa kau lakukan.

mari kita renungkan bersama kawan !!!!!

One thought on “Sebuah Amanah dlm Organisasi

Leave a Reply

