“BERCERITA” itu penting

Bercerita bukan lah hal yang susah buat kita, apalagi nih orang-orang jaman sekarang nih Imagecerewetnya minta ampun hehehe. Tentunya cerewetnya dalam hal positif dong ya😀. Kali ini aku tulis judul tentang “Bercerita itu penting”, tahu gak sih kenapa alasannya aku tulis tentang judul ini?? Jujur aja ya ini adalah hal yang paling susah buat aku lakukan dan  jujur saja aku tidak terlalu pandai “bercerita”. Inilah asal muasal kenapa aku nulis ini😀

Siapa sih yang gak pernah kena masalah di organisasi? Yup semua pasti punya, entah itu masalah karena proker, masalah tentang dana, ataupun masalah sesama anggota organisasi karena “pribadi” orang tersebut atau karena masalah lain. Jika kalian memiliki masalah tersebut jangan dipendam saja, ceritakan kepada sesama anggota organisasi kalian atau orang yang sekiranya dekat dengan kalian atau yang terbaik adalah ceritakan pada orang yang telah berpengalaman di organisasi tersebut. Dengan kita bercerita tentang hal itu semua tanpa kita sadari kita telah menemukan jalan keluar itu sendiri. Dan alasan utama kita harus bercerita adalah karena manusia makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain, begitu pula dengan kebutuhan kita akan bercerita.

JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK BERCERITA

Itulah kuncinya kawan, jika kalian tipe orang yang seperti ku orang yang tidak mudah untuk bercerita langsung kepada orang lain tak masalah. Toh kalian masih bisa menulis dan yang utama adalah kalian masih punya keluarga. Cukup cerita dengan orang tua, kakak, atau adik pun setidaknya itu melegakan kita dan tentunya mereka pun akan membantu kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tapi meskipun orang-orang disekitarmu membantu menyelesaikan masalahmu, keputusan tetap ada ditangan Anda sendiri. Yang menentukan baik atau buruknya masalah adalah kita sendiri dan tentunya kita harus pandai memilih hal itu. Kawan, meskipun bercerita kepada kepada orang di sekitar kita itu penting, kita tidak boleh melupakan hal yang utama yaitu Allah SWT, Tuhan kita. Seperti sabda-Nya dalam Al-Quran

Dia (Ya’qub) menjawab: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (QS Yusuf: 86)

Yup Allah adalah tempat terbaik untuk mengadukan masalah-masalah kita. Yakinlah kawan Allah akan selalu mendengar apa yang kita ucapkan, karena Allah Maha Mengetahui. Apa sih yang tidak diketahui Allah? Tidak ada. Allah sangat tahu apa yang ada di pikiran dan hati kita. Bahkan meskipun kita belum bercerita kepada Allah sekalipun Dia tahu apa yang ada di hati dan pikiran kita. Maka dari itu kawan jangan pernah lupakan Tuhanmu yaitu Allah SWT, karena sesungguhnya Allah lebih dekat dari urat leher kita sendiri.

Kemudian setelah kita mengadu nasib kepada Allah, hal yang penting kedua harus diingat adalah DOA. Yup doa adalah hal yang kita lakukan sehari-hari dan wajib kita lakukan. Mengapa? Lihatlah firman Allah SWT dibawah ini,

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan.” [QS. An Naml: 62]

Sekarang kalian paham kan mengapa kita harus berdoa, karena doa itu memang penting. Justru Allah SWT menyuruh kita untuk berdoa setiap saat dan doa itu adalah ibadah yang sangat mudah untuk dilakukan. Allah tidak akan memberatkan kita dan Dia tidak akan pernah memaksa bahwa kita harus berdoa menggunakan bahasa Arab, justru kita boleh menggunakan bahasa kita masing-masing. Kecuali dalam sholat ya, kalau kita sholat lebih baik digunakan bahasa Arab.

Sekarang kalian paham bukan, mulai sekarang biasakanlah untuk bercerita. Jangan pernah merasa “NGGAK ENAKAN” atau “KASIHAN” karena sesungguhnya yang kasihan itu diri sendiri kawan, ujung-ujungnya stres kalau kita memendam masalah kita hehehehe.

MARI BIASAKAN BERCERITA KAWAN, KARENA BERCERITA ITU INDAH😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s