Pentingnya Memahani Karakter Orang Lain

Dear friends, i just only share about why we must understand other people? This Topic very simple and everyone knows about that.

That’s right guys, memahami karakter orang lain adalah hal yang sangat penting, dan aku rasa ini adalah kunci utama kesuksesan dalam bermasyakrat. Banyak cara agar kita dapat memahami karakter orang lain mungkin kita bisa menilai karakter seseorang berdasarkan golongan darah, tulisan, tanda tangan atau semacamnya. Misalkan saja contoh karakter seseorang berdasarkan karakter golongan darah

1. Golongan darah O

Mereka yang bergolongan darah O memiliki jiwa leadership dan problem-solver/penyelesei masalah, berjiwa besar, penuh semangat dan berjiwa sosial tinggi. Mereka juga supel dan fleksibel tetapi gak mau ngalah, alergi pada hal-hal yang detil. Mereka selalu berkata jujur, menghargai pendapat orang lain dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun mereka suka menjadi pusat perhatian. Dan mayoritas penduduk Jepang memiliki darah O. Mereka yang bergolongan darah O memiliki kecenderungan politik: ‘centro’ (netral)

2. Golongan darah A

Bagi yang bergolongan darah A memiliki karakter yang kuat, terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi. Mereka cenderung menghindari konfrontasi, mereka biasanya pemalu dan suka mengasingkand iri karena kurang nyaman berada diantara banyak orang. Mereka sangat sopan dan bertanggung jawab. Mereka lebih suka menyelesaikan pekerjaannya sendiri, sangat perfeksionis dan juga kreatif, tapi juga sensitif, kecenderungan politik: ‘destra’ (Kanan).

3. Golongan darah B

Orang yang bergolongan darah B lebih praktis, egois, kreatif, nyantai, easy going. Mereka sangat optimis dan bebas dalam berfikir sehingga paling bisa menikmati hidup,. Mereka juga cenderung mengerjakan segala sesuatu secara individual. Karena itu di Jepang untuk membentuk sebuah tim yang kuat sehingga motto yang digagas John C. Maxwell: teamwork makes the dream work benar-benar menjadi kenyataan, orang golongan darah B ini biasanya kurang dilibatkan. Mereke memiliki kecenderungan politik: ’sinistra’ (Kiri).

4. Golongan darah AB

Seseorang yang bergolongan darah AB memiliki karakter yang unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda. Maksudnya di satu sisi mereka pemalu di sisi lain sangat terbuka. Mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab namun tidak sanggup dituntut terlalu banyak. Mereka bersedia membantu selama sesuai dengan persyaratan mereka. Mereka sangat suka seni dan metafisika. Mereka juga dikenal sangat sensitif dan penuh perhatian. Di Jepang beberapa perusahaan membagi karyawan-karyawannya dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah dan ironisnya, tidak ada seorangpun yang bekerja bersama dengan kelompok golongan darah AB di Jepang, karena orang dengan golongan darah ini susah dikelompokkan…

 www.kucoba.com
Yup itu adalalah penilaian karakter seseorang berdasarkan golongan darah. Namun menurut yang saya pahami selama ini, memang benar bahwa penilaian berdasarkan golongan darah, tanda tangan, tulisan dan macamnya itu cukup menggambarkan kepribadian orang tersebut, tetapi kita tidak boleh langsung saja mendoktrin bahwa setiap manusia yang memiliki karakter tulisan tertentu, golongan darah tertentu itu adalah memang seperti itu. Kalau ditanya pendapat saya itu adalah salah, mengapa?? Karena yang namanya karakter seseorang itu tidak berdasarkan hal-hal diatas meskipun tidak dilarang untuk menilai berdasarkan itu, namun jadikannlah penilaian berdasarkan golongan darah, tanda tangan atau lainnya sebagai patokan saja dalam menilai karakter orang lain. Yang terpenting dalam menilai karakter orang lain adalah diperlukannya intuisi yang sangat kuat dan kepekaan yang besar.
Mengapa dua hal poin ini menjadi penting??
Jawabannya menurut saya karena sesungguhnya karakter kita itu terbentuk karena lingkungan disekitar kita, ada pepatah yang berkata  teman terdekatmu mencerminkan kepribadianmu. Apa maksud pepatah itu? Setelah saya menganalisis ulang pepatah itu dengan kondisi saya sendiri dan lingkungan kita, memang benar bahwa teman terdekat kita itu mencerminkan perilaku, karakter, sifat kita semua. Analogi gampangya seperti orang tua yang menurunkan sifatnya ke kita. Pahamkah kalian dengan semua ini??
Hehehe tapi bukan berarti kita harus milih milih temen ya, tetap kawan kita harus selalu berteman dengan siapapun dan berasal dari kalangan manapun.
Alasan itulah yang menyebabkan kita harus memiliki intuisi dan kepekaan. Kedua poin ini pun tak mudah didapatkan, yang jelas butuh proses dan kedua poin ini bisa kita latih. Dalam berbisnis pun kita harus bisa menerapkan kedua poin ini, karena jika tidak mungkin saja kita bisa kena tipu orang atau masalah lain??
Karena itu kawan, memahami karakter orang lain itu sangatlah penting terutama ketika kita sedang kerja sama dalam sebuah tim. Dalam sebuah tim tersebut terdapat berbagai macam karakter dan tentunya disitu menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk bisa memahami bagaimana karakter teman setim kita, perilakunya, sifatnya dsb agar tim ini tetap bisa berjalan. Memang dalam proses ini tidaklah selalu mulus pasti selalu saja ada masalah-masalah yang terjadi dan yang terutama harus dijaga adalah KOMUNIKASI. Dengan adanya komunikasi ini kita bisa saling berbagi tentang masalah-masalah yang dihadapi, berbagi ilmu dsb.
Hey kawan cukup saja ya sampai disini, oh ya aku kasih tau satu hal lagi nih ini semua murni pendapat pribadi aku loh, jadi jika tidak ada yang berkenan dengan pendapat aku ini monggo kita diskusikan bersama kawan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s