Perbaiki Diri Sendiri Terlebih Dahulu !!!

Edisi kali ini aku akan membagi opini yang telah aku simpulkan selama aku mengamati, berdiskusi dan mendengar setelah sekian lama. Mungkin hal ini sangatlah sederhana dan semua orang pun tahu akan hal ini, namun aku pikir banyak orang yang belum memahami esensi dari semua ini mungkin termasuk diriku juga belum penuh bisa memahami ini.

“Perbaiki diri sendiri terlebih dahulu!! ”

yup inilah yang akan kubahas kali ini dan ide tulisan ini murni berasal dari diri aku sendiri. Aku melihat, mengamati keadaan sekitarku mencoba untuk menerka dan memahami semua. Aku berdiskusi dengan kawan-kawanku, keluargaku dan laiinnya. Aku mendengarkan orang lain bercerita dari semua problem yang ada di sekitar diriku. Intinya dari semua pengalamanku tadi itu mereka menginginkan sebuah perubahan yang lebih baik. Mereka punya rencana yang baik,  bahkan ada yang sudah memiliki plan buat masa depan mereka sendiri maupun untuk kepentingan masyarakat. Well, aku sangat bangga dengan mereka semua yang telah memiliki pemikiran seperti itu dan benar mereka bisa menunjukkan perubahan yang sangat drastis. Bagaimana bisa mereka seperti itu? Pikirku saat itu dan ternyata mereka hanya melakukan sebuah perubahan kecil yang mungkin tak akan pernah kita sadari, yaitu merubah diri kita sendiri.

Allah tidak akan mengubah keaadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.  Ar-Ra’d (13): 11

Kalimat indah diatas aku yakin sudah sering mendengarnya, namuan apakah kalian benar-benar memahami makna tersebut?? Sedikit aku berbagi pengalamanku teman. ketika aku menginjak SMA, aku berpikir seperti orang-orang yang berkata bahwa masa SMA adalah masa yang paling menyenangkan dalam kehidupan kita. Kujalani hari-hariku ketika di SMA, namun apakah yang kudapat?? Aku merasa bahwa kehidupan di SMA tidak lah menyenangkan orang-orang, aku merasa bahwa kehidupan SMA sangatlah menyiksaku sekali. Hingga suatu ketika aku menghadapi masalah yang benar-benar membawaku ke puncak problem dalam hidupku. Saat itu aku tak tahu aku harus melakukan apa, bisa dibilang aku depresi kawan, aku telah kehilangan arah.

Kejadian itu sungguh membuatku terpukul terutama kedua orang tua ku. Kedua orang tua ku sedih melihat aku bersikap seperti itu hingga akhirnya aku dibawa ke berbagai tempat untuk menyembuhkan rasa depresi ku ini. Beberapa kali aku mengunjungi tempat ahli, rasa depresi ku tidak hilang, hingga akhirnya aku berkunjung ke suatu tempat di dekat rumahku. Dan disanalah aku menyadari bahwa aku harus berubah, apa yang telah ku lakukan selama ini hanyalah sesuatu yang tidak berguna sama sekali bagi diriku. Kata-kata sang terapis itu lah yang membuatku menyadari bahwa aku harus berubah. Mulai dari situ aku mulai bertekad untuk merubah diriku sendiri, merubah segala pola hidupku ini. Baru beberapa hari aku melakukan perubahan tersebut ternyata sudah berdampak besar pada diriku, keluargaku, dan lingkunganku.

Kawan sesungguhnya ini kisah nyata tentang yang aku alami pada diriku sendiri. Aku menceritakan kisah ini bukan berarti apa-apa. Alasan dibalik aku menulis kisah ini adalah aku ingin memberitahukan kepada kalian semua jika ingin membuat perubahan yang besar untuk dunia, lakukanlah perubahan terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Sekarang aku tanyakan kembali apakah kalian mengerti makna petikan surat Ar-Ra’d yang aku tulis tadi?? Semoga saja kalian paham dan aku ingin berpesan kepada kalian kawan janganlah melihat sesuatu itu dari “cover” nya saja tapi lihatlah “esensi” nya.

Leave a Reply

