Menyesal?? TIDAK DONG :)

“kenapa sih penyesalan itu harus ada di akhir??”

“sungguh aku telah menyesal, kenapa dulu aku gak begini aja ya”

Siapa sih yang tidak pernah mengatakan kalimat-kalimat itu?? Pasti seluruh manusia yang ada di bumi ini entah itu dari Indonesia, Amerika, Jepang, Korea, dll. Sebenernya penyesalan itu apa sih?? Kenapa manusia harus mempunyai perasaan menyesal??

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia penyesalan dan menyesal berasal dari kata sesal yang tentunya tiap kata-kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Sesal (n) perasaan tidak senang (susah,kecewa, dsb) karena telah berbuat kurang baik (dosa, kesalahan, dsb). Menyesal (v) merasa tidak senang atau bahagia (susah,kecewa,dsb) karena (telah melakukan) sesuatu yang kurang baik (dosa, kesalahan,dsb). Penyesalan (n) perasaan menyesali, proses/cara perbuatan menyesali, penyanggahan.

Secara bahasa itulah makna kata penyesalan dan menyesal, namun tahukah kalian bahwa sesungguhnya dibalik penyesalan itu justru berkah bagi diri sendiri.

“Penyesalan itu adalah taubat.”(Hadis riwayat Ibnu Majah)

Jadi apa pendapat anda tentang penyesalan itu sendiri? Jika Anda menanyakan pendapat terhadap saya, saya akan menjawab justru saya senang mendapatkan rasa penyesalan ini, why? Karena dengan saya memiliki perasaan menyesal ini justru akan menjadikan pribadi saya menjadi lebih baik dan saya jadi lebih tahu apa yang akan dilakukan kedepannya. yang terpenting ketika ada perasaan ini adalah pelajaran buat diri bahwa tidak boleh melakukan hal yang sama untuk kedua kalinya.

Karena itu kawan ketika dihadapi penyesalan selalu katakan pada diri kita “alhamdulillah, terima kasih Engkau berikan rasa penyesalan ini kepada diriku”. Mari sama-sama belajar untuk berbuat seperti itu dan ketika perasaan menyesal datang segera evaluasi diri kita kemudian buat solusi yang terbaik agar tidak jatuh kedalam lubang yang sama kedua kalinya. Tentunya ketika sedang ada masalah selalu ingat hadapi dengan santai dan selalu berdoa kepada Allah🙂

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Qs Al-Ashr 1-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s